Berbagi file/file sharing identik dengan user dan hak akses. Dimana user bertindak sebagai id login agar dapat mengakses suatu file yang telah didefinisikan, sedangkan hak akses adalah suatu permission yang diberikan terhadap user yang bersangkutan, misalnya Read, Write dan Execute. Bagaimana cara membuat user dan hak akses pada AjaXplorer?. Berikut adalah tahapannya :

Buka halaman login AjaXplorer pada http://ip-address-AjaXplorer/ajaxplorer yang telah diinstall dengan mengikuti panduan berikut : Membuat File Sharing Berbasis Webbase Dengan Ajaxplorer. Login dengan user default admin dan password admin.

Membuat Repository

Pilih menu settings pada bagian sebelah kiri Dashboard. Klik New, ada pada bagian atas Dashboard, kemudian Repository dan isi dengan isian yang ada. Pada bagian repository label bisa diisi dengan nama file sharing, misalkan Data Ahmad. Untuk Repository driver pilih standard, klik Ok dan Ok lagi. Lihat pada contoh berikut :

ajaxplorer-settings-imanudin.com

ajaxplorer-repository-imanudin.com

Membuat User

Klik Users (ada pada bagian atas Dashboard) kemudian pilih New User untuk membuat user baru. Sesuaikan isian yang diminta dan minimal password 8 karakter. Pada bagian berikutnya akan dihadapkan pada file sharing yang sudah tersedia, silakan pilih file sharing yang mana saja yang boleh diakses oleh user yang bersangkutan sesuai dengan permission-nya.

ajaxplorer-newuser-imanudin.com

ajaxplorer-hakakses-imanudin.com

Silakan logout dan login kembali dengan user yang baru saja dibuat. Seharusnya, pada user bersangkutan hanya tampil file sharing yang sudah didefinisikan.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀