AjaXplorer memiliki Management user tersendiri sehingga dapat berdiri sendiri untuk menambahkan user, edit maupun delete user yang ada. Selain itu, AjaXplorer juga dapat diintegrasikan dengan Windows Active Directory atau Samba4 agar dapat menjadi Single Sign On (SSO). Keuntungan SSO sendiri agar management user dapat dikelola dengan mudah. Satu User+Password dapat digunakan pada berbagai macam aplikasi dan tentunya dengan hak akses yang diberikan oleh masing-masing aplikasi.

Berikut adalah tahapan untuk mengintegrasikan AjaXplorer dengan Samba 4 :

zypper in php5-ldap
mv /srv/www/htdocs/ajaxplorer/conf/bootstrap_plugins.php /srv/www/htdocs/ajaxplorer/conf/bootstrap_plugins.php.bak
vi /srv/www/htdocs/ajaxplorer/conf/bootstrap_plugins.php

Masukkan isian seperti berikut : klik link berikut bootstrap_plugins dan copy paste pada file bootstrap_plugins.php diatas

Perhatikan baris THIS CONFIGURATION WILL USE AN LDAP SERVER AS MASTER, AND A LOCAL BASE FOR CREATING TMP USERS

“LDAP_URL” => ‘ldap://192.168.56.11’, -> diganti dengan ip Address Samba 4
“LDAP_USER” => ‘cn=administrator,cn=users,dc=imanudin,dc=com’, -> diganti dengan nama domain yang digunakan. Jika nama domain imanudin.net, maka pada bagian dc=imanudin,dc=com menjadi dc=imanudin,dc=net. Jika nama domain imanudin.or.id maka menjadi dc=imanudin,dc=or,dc=id
“LDAP_PASSWORD” => ‘Rahasia123’, -> Diganti dengan password Administrator Samba 4
“LDAP_DN” => ‘cn=users,dc=imanudin,dc=com’,

Restart service apache

service apache2 restart
chkconfig apache2 on

Jika sudah disesuaikan dengan isian yang ada, silakan buka AjaXplorer dan login sebagai user default admin AjaXplorer. Pilih Menu Settings | Repositories & Users | Users. Seharusnya sudah terdapat user yang ada pada Samba4.

ajaxplorer-ldapuser-imanudin.com

Silakan buat repository maupun hak akses yang akan diberikan pada user seperti pada panduan yang sebelumnya :http://www.imanudin.com/2013/05/25/tips-ajaxplorer-membuat-user-hak-akses-dan-repository-untuk-file-sharing/. Coba login dengan user dan password yang ada pada Samba 4. Seharusnya dapat login pada AjaXplorer dan dengan hak akses yang sudah ditentukan.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀