Dalam suatu perusahaan, pasti memiliki satu atau lebih file server. File server ini berisi informasi/data yang biasa digunakan untuk keperluan pekerjaan. Biasanya, karyawan dapat mengakses file server hanya dalam lingkungan kantor saja, meskipun dapat diakses dari luar, karyawan harus online agar dapat mengakses file/data tersebut. Bagaimana caranya, agar data tersebut dapat diakses baik secara online maupun offline?

Cara paling sederhana adalah dengan menyalin data-data tersebut pada laptop/USB agar dapat dibuka/revisi suatu saat dibutuhkan. Apabila data tersebut lebih update atau sudah direvisi, maka data tersebut disalin pada file sharing dan membuang data yang sebelumya. Tentunya cara tersebut tidak efektif.

Di markas Excellent, staff-staff menggunakan SVN sebagai file server. SVN ini bekerja online apabila dibutuhkan untuk update maupun commit. Update sendiri digunakan apabila ada data yang lebih baru pada server dan disalin pada komputer/laptop, sedangkan Commit adalah update data pada server dengan data yang lebih update dari komputer/laptop yang digunakan. Dengan kata lain, online hanya dibutuhkan untuk update/commit saja. Tentunya hal tersebut juga dapat dilakukan pada AjaXplorer.

Pada AjaXplorer, terdapat aplikasi AjaXplorerInSync yang dapat digunakan untuk melakukan sinkronisasi data antara server dengan komputer/laptop klien. Aplikasi ini baru menyediakan package untuk Mac OS dan Windows. Silakan download aplikasi tersebut pada link berikut : https://sourceforge.net/projects/ajaxplorer/files/ajaxplorer-sync/. Sebelum diinstall, pastikan java sudah terinstall, jika belum, bisa download dan install pada link berikut : http://java.com/

Berikut adalah proses instalasi AjaXplorerInSync

ajaxplorer-sync-install

ajaxplorer-sync-install-progress

Berikut adalah contoh konfigurasi-nya :

ajaxplorer-sync-configure

Pada bagian Host URL harus ditulis sama persis dengan akses pada browser. Login dengan username dan password yang ada, pilih salah satu repository yang hendak disinkronisasi dengan komputer/laptop yang digunakan. Jika ingin menambahkan repository yang lain, bisa membuat new connection.

ajaxplorer-sync-sinkron

Berikut contoh sinkronisasi yang dilakukan, disana terlihat data yang ada pada server dan pc klien yang digunakan saling sinkron dan sama persis

ajaxplorer-sinkron

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀