Beberapa hari yang lalu, saya beserta Team Excellent berkunjung ke salah satu klien perbankan untuk melanjutkan pekerjaan migrasi sistem email. Karena jumlah account yang lumayan banyak, maka metode instalasi yang digunakan adalah multi server instalation dan berjalan diatas VMWare ESXi untuk menghemat resource. Proses instalasi pun dimulai dengan instalasi VMWare ESXi diatas server Dell Power Edge r720 dengan CD Installer biasa yang saya download dari website vmware.com.

Proses instalasi berjalan sebagaimana mestinya, namun di tengan jalan muncul error yang menyatakan bahwa network card pada server tidak terdeteksi Kira-kira seperti ini pesannya “No network adapters were detected“. Mengingat server yang saya install tersebut adalah Dell Power Edge dan terbilang server top, saya sempat berpikir bahwa masa sih server sebagus Dell tidak dapat diinstall oleh VMWare yang notabennya dapat diinstall pada PC biasa meskipun tidak semuanya bisa.

Saya jadi teringat bahwa hal seperti ini juga pernah terjadi pada salah satu klien daerah MM2100 Cibitung Bekasi yang menggunakan type server yang sama. Pada server Dell, memang ada beberapa seri/type server yang tidak dapat diinstall langsung menggunakan CD Installer VMWare yang didownload dari VMWare langsung dan harus menggunakan CD Installer VMWare yang sudah di customize oleh Dell.

Akhirnya saya pun download VMWare yang sudah di customize tersebut dari link berikut : http://downloads.dell.com/FOLDER00876460M/1/VMware-VMvisor-Installer-5.1.0-799733.x86_64-Dell_Customized_RecoveryCD_A00.iso di burning pada CD dan install pada server Dell Power Edge r720. Alhamdulillah server dapat diinstall dengan VMWare dan mendeteksi Network card yang ada. Proses instalasi selesai dan dapat dilanjutkan dengan instalasi sistem untuk Zimbra Mail Server.

Berikut adalah screenshot total jumlah user yang dimigrasikan :

total-user

Semoga membantu teman-teman yang mengalami hal yang sama dan semoga bermanfaat 😀