Untuk berkunjung ke klien untuk melakukan maintenance sistem, upgrade sistem ataupun implementasi, saya biasanya menggunakan moda transportasi umum. Sebenarnya saya memiliki mobil yang masih di showroom untuk diambil, karena malas untuk mengambilnya maka menggunakan transportasi umum saja 😀 (bahasa halus untuk mengartikan belum mampu beli :D). Penggunaan moda transportasi umum ini saya ambil untuk membantu pemerintah dalam mengurangi kemacetan di Ibu kota Jakarta (masih ada relasinya dengan yang atas :D).

Adapun moda transportasi yang sering digunakan adalah Bus Kota, KRL Commuter Line, Busway, Kopaja dan Taksi menjadi pilihan terakhir. Dari beberapa moda transportasi diatas biasanya saya cenderung lebih senang menggunakan KRL Commuter Line. Kelebihan dari moda transportasi KRL ini adalah bebas macet dan adapun kekurangannya khususnya pada jam kantor adalah penuh sesak dan kadang terlambat dari jadwal keberangkatan.

Pada tanggal 3 Juli 2013 Team Excellent berkunjung ke klien daerah kebayoran- Jakarta untuk melakukan migrasi sistem dan upgrade dari sistem yang sudah ada. Jika dilihat dari maps, lokasi klien dapat dijangkau dengan menggunakan KRL dan diteruskan dengan moda transportasi lain. Seperti yang diketahui juga bahwa PT. KCJ telah memberlakukan sistem e-ticketing dalam bentuk kartu Commet dengan tarif progresif.

kartu-commet

Kartu Commet yang dikeluarkan adalah dalam bentuk single trip dan multi trip. Apabila menggunakan single trip, maka calon penumpang harus antri di loket dan kemudian memberitahukan pada petugas loket tujuan stasiun yang dituju dengan membayar uang sesuai dengan tujuan stasiun. Sedangkan kartu Commet multi trip, dapat dibeli calon penumpang diloket sebesar 50.000 dimana 20.000 untuk harga kartu dan 30.000 untuk saldo awal. Tarif progresif yang diberlakukan adalah 5 stasiun pertama  2000 dan 3 stasiun berikutnya 500.

Penggunaannya sendiri cukup tempelkan kartu pada gate yang telah diberi tanda untuk masuk stasiun. Pada saat keluar stasiun, kartu single trip harus dimasukkan pada tanda yang tertera pada gate keluar stasiun agar bisa keluar sedangkan untuk kartu multi trip cukup tempelkan kembali pada gate keluar stasiun dan kartu dapat dibawa bahkan disimpan 😀

Berbekal informasi dari media mengenai kartu Commet ini, maka sehari sebelum-nya saya membeli kartu Commet Multi Trip yang lebih simple dan tidak perlu antri panjang. Keberangkatan dari St. Bekasi menuju St. Sudirman hanya memakan biaya sebesar 2.500 rupiah dari yang sebelumnya 8.500 rupiah. Tentu saja sisa ongkos 6.000 dapat dipergunakan untuk sarapan pagi ataupun untuk ongkos angkutan yang lain-nya :D.

Selamat berkereta ria 😀