Alhamdulillahirobbila’lamiin hari ini menginjak hari kedua puasa Ramadhan 1434 H. Seperti biasa, pada malam hari saya pergi ke masjid untuk sholat tarawih yang kedua kalinya. Tidak seperti biasanya, malam kedua Sholat tarawih di masjid tempat saya sholat ini tidak ada Tausyiah ataupun ceramah yang biasa dilakukan setelah selesai shalat Tarawih. Ternyata, untuk jadwal ceramah atau Tausyiah hanya akan dilakukan setiap malam sabtu dan minggu (mungkin hal ini bertujuan mengajak para pemuda/pemudi untuk tidak mojok di malam minggu dan ke masjid untuk mendengarkan tausyiah :D).

Cuaca malam dihari kedua shalat tarawih cukup cerah dan jalanan pun cukup kering berdebu dengan kendaraan yang lalu lintas melintasi jalan raya. Jemaah pun cukup banyak seperti hari pertama dan yang memimpin Imam sholat pun masih sama juga seperti yang sebelumnya. Jumlah rakaat sholat yang diambil adalah 11 rakaat dimana 8 rakaat adalah Sholat sunat Tarawih dan 3 rakaat lainnya Sholat sunat Witir.

shalat-tarawih

Setelah sholat tarawih selesai, sayapun pulang kerumah untuk melanjutkan makan makanan yang tersisa pada saat berbuka dan membeli beberapa makanan dan minuman untuk keperluan sahur nanti. Tidak lupa juga menonton beberapa tayangan yang ada di Televisi untuk menghibur diri. Tiba saatnya untuk sahur dan bangun sekitar jam 03:30. Makanan dan minuman pun disiapkan sebagai menu untuk sahur.

Air kelapa menjadi pilihan utama untuk minum pada saat sahur. Air kelapa juga membantu menambah/meningkatkan cairan pada tubuh karena digunakan untuk istirahat/tidur. Dengan meminum air kelapa dingin setelah bangun tidur menjadi kesegaran tersendiri sebagai menu minuman disaat sahur. Air kelapa ini biasa saya beli disekitar tempat saya bekerja dan disimpan dikulkas untuk menu sahur nanti.

Untuk meramaikan suasana sahur, tidak lupa juga menonton beberapa program yang ada di Televisi seperti sahurnya OVJ, serial Para Pencari Tuhan yang memberikan pesan tersirat didalamnya dan beberapa program Televisi yang ada pada saat sahur. Dilanjutkan dengan sholat subuh dan mandi untuk bersiap berangkat ketempat kerja dan beraktifitas seperti biasa.

Mudah-mudahan puasa kita selalu dijaga dan dipelihara dengan baik. Selamat berpuasa 😀