Alhamdulillahirobbil a’lamiin saya bisa bertemu kembali dengan Ramadhan tahun ini. Mengawali 1 Ramadhan yang telah ditetapkan pemerintah tanggal 10 Juli 2013 maka beberapa kegiatan mengenai ramadhan banyak terlihat di sudut-sudut kampung dan kota seperti sholat tarawih, tadarus di mesjid dll. Bahkan di TV saja sudah banyak menayangkan iklan mengenai sirup dan aneka makanan maupun hidangan untuk berbuka/sahur. Acara-acara TV yang biasa tayang menjelang buka maupun pengantar sahur pun tidak ketinggalan

Pada selasa malam, mesjid disekitar saya berdomisili memulai Sholat Tarawih yang hanya ada pada bulan ramadhan. Sholat tarawih ini merupakan bagian dari ramadhan. Biasanya, hari pertama sholat tarawih mesjid-mesjid akan terlihat penuh dengan jamaah yang akan melaksanakan Sholat Tarawih, tidak hanya itu parkiran pun penuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Mudah-mudahan jamaah-nya akan terus konsisten dan selalu penuh pada malam-malam berikut-nya. Aamiin.

Hujan pada hari selasa menjelang malam (kebetulan saya tinggal di daerah Kemang Pratama – Bekasi 😀 (biar kelihatan lebih elit padahal di pinggiran Kemang)) mengiringi pelaksanaan Sholat Isya dan Tarawih. Hujan yang mengenai asbes, genteng atau langsung jatuh kebumi ini sekaligus menjadi suara lain selain suara Imam masjid mengiringi sholat. Tidak lupa juga dengan suara dari kipas yang berputar diatas kepala menjadi peneduh ruangan.

sahru-romadhon

Seperti biasa, sesudah Sholat Isya salah satu pengurus akan memberikan informasi mengenai kas keuangan masjid saat ini mulai dari income maupun pengeluaran. Selain itu, program-program baru yang dapat dilayani oleh pengurus masjid juga ikut dijelaskan seperti pengurusan jenazah. Setelah informasi yang disampaikan oleh salah satu pengurus selesai, giliran pak Ustadz memberikan ceramah atau Tausyiah mengenai Ramadhan seperti keutamaan Ramadhan, hal-hal yang membatalkan puasa Ramadhan serta pahala yang berlipat ganda dibulan Ramadhan.

Dengan datangnya bulan Ramadhan ini mudah-mudahan dapat memotivasi diri saya sendiri untuk lebih giat dalam beribadah dan menjalankan ibadah-ibadah yang lain seperti sholat sunat maupun kegiatan amal seperti infaq, shodaqoh, Jariyyah dan amal-amal baik lainnya. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi kita semua umat islam 😀