Dihari kedua bulan puasa, saya hendak pulang kerumah dari kantor Excellent yang bermarkas di Duren Jaya Bekasi sekitar jam 17:00. Pada saat pulang, cuaca mulai terlihat gelap dengan gumpalan awan hitam diatas langit dan sepertinya akan turun hujan. Sebelum kerumah, saya beserta teman mampir terlebih dahulu untuk mengirimkan paket melalui salah satu ekspedisi, angin kencang mulai meniup dan membawa debu-debu dari dataran jalan raya. Daun-daun dipepohonan bergoyang dan menari karena angin yang cukup kencang.

Setelah mengirimkan paket, saya hendak melanjutkan perjalan pulang kerumah dengan mengendarai sepeda motor, namun ditengah perjalanan hujan lebat mulai turun sehingga sayapun harus mencari tempat berteduh dari guyuran air hujan. Mau tidak mau saya harus pulang dan sebisa mungkin berbuka dirumah bersama dengan saudara yang sudah menunggu kedatangan saya. Akhirnya mantel hujan pun saya keluarkan dari bagasi motor yang kecil untuk dipakai.

Derasnya air hujan terus saya lewati dengan mengendarai sepeda motor. Saling sapa dengan kendaraan yang berlawanan membuat air hujan yang tergenang yang dilewati saling basuh membasuh satu sama lain. Muka-pun tidak luput dari tembakan derasnya air hujan dari arah atas. Sebenarnya saya bisa saja menutup helm, namun jalanan yang dilewati tidak dapat terlihat jelas dan malah dapat berbahaya.

Alhamdulillah akhirnya sampai juga kerumah dan bersegera membersihkan badan dari guyuran air hujan dijalan. Tidak lama setelah itu adzan maghrib pun berkumandang dan tiba waktunya untuk berbuka Allahumma lakasumtu wabika amantu waala rizkika aftortu birohmatika yaa arrhamarrohimiin”. Segelas air putih, kurma dan kolak masuk kedalam tenggorokan yang sudah kering. Alhamdulillah puasa hari kedua dapat terlewati dan mudah-mudahan diterima dan mendapat rahmat dari ALLAH SWT.

doa-berbuka-puasa

Tiba waktunya sholat Isya dan sholat sunat Tarawih. Cuaca yang tadinya hujan mulai reda perlahan-lahan. Keluar dan melangkah kaki ini dari rumah untuk menunaikan sholat di masjid. Sang Imam sholat pun masih sama dengan sholat-sholat malam sebelumnya. Sepulangnya dari masjid saya langsung tidur untuk melanjutkan aktifitas di keesokan harinya.

Tiba waktunya sahur. Seperti biasa menu untuk minum pada sahur adalah air kelapa asli yang menyegarkan tenggorokan selepas bangun tidur. Lanjut sholat subuh dan mandi untuk bersiap menuju tempat klien daerah Slipi. Sayapun berjanjian dengan staff Excellent yang lain didaerah Giant/MM Bekasi untuk berangkat bersama. Dari halte Giant saya menaiki bus AC dan turun di Komdak untuk meneruskan perjalanan dengan menaiki Busway.

Suasana perjalanan menuju klien relatif lancar dan hanya tersendat pada saat akan keluar di daerah komdak. Begitupun dengan suasana Busway yang relatif tidak terlalu banyak penumpang. Akhirnya sampai juga di kantor klien dan disambut dengan hangat. Beberapa pekerjaan yang hendak dikerjakan pun diperiksa dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Mengecheck email menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan apabila sudah mulai online dengan Laptop yang biasa menemani. Saling sharing dengan klien mengenai problem yang ada menjadi bagian dari diskusi antara saya dengan klien.

Tiba waktunya sholat juma’t. Saya pun bergegas pergi ke masjid yang lokasinya masih satu gedung dengan team dari klien untuk menunaikan sholat Jumat. Khotib pun memberikan khotbah mengenai keutamaan/manfaat/pahala/balasan/hikmah berpuasa, dibelenggunya setan dibulan ramadhan dan meningkatkan ibadah dibulan ramadhan.

belenggu-setan

Mudah-mudahan puasa kita selalu dijaga dan dipelihara dengan baik. Selamat berpuasa 😀