Sumber gambar dari : http://all-free-download.com

Pada setiap blog atau website biasanya menyediakan fasilitas RSS/Feed/Atom atau yang lainnya. Fasilitas RSS ini dapat digunakan agar dapat berlangganan info/update mengenai berita/artikel yang ditulis pada blog tersebut. Langganan yang dimaksud dapat berupa kiriman pada email ataupun dipasang pada blog pribadi. Saya sendiri sering menggunakan layanan RSS selain gabung pada milis untuk mendapatkan update/info seputar tema yang saya ikuti.

Pada blog berbasis WordPress khususnya, saya dapat berlangganan informasi dari website/blog lain untuk ditempelkan pada blog yang saya kelola. Hal ini saya lakukan selain berlangganan melalui email, saya sering membuka blog pribadi saya dan hampir setiap hari saya buka untuk sekedar check ataupun update artikel. Tentu ketika saya buka, saya dapat melihat update mengenai artikel dari blog/website yang saya ikuti. Untuk update artikel yang diikuti dapat berupa tag, kategori ataupun pencarian. Berikut hal yang saya lakukan pada blog pribadi untuk update RSS/Feed dari blog/website orang lain.

Masuk pada menu Admin WordPress, pilih Appearance | Widget. Drag & Drop menu RSS pada salah satu sidebar/footer yang ada. Masukkan URL RSS dan Title pada kolom yang telah disediakan.

rss-imanudin

RSS Feed Berdasarkan Tag

Untuk langganan RSS berdasarkan tag, format penulisannya seperti ini :

http://imanudin.com/?tag=tagname&feed=rss2

atau

http://imanudin.com/tag/tagname/feed

Ganti nama domain imanudin.com dengan nama domain yang hendak diikuti dan untuk tagname diganti dengan nama tag yang hendak diikuti

RSS Feed Berdasarkan Kategori

Berikut format penulisannya :

http://imanudin.com/?cat=42&feed=rss2

atau

http://imanudin.com/category/categoryname/feed

Ganti categoryname dengan kategori yang hendak diikuti

RSS Feed Berdasarkan Pencarian

Berikut format penulisannya :

http://imanudin.com/?s=searchterm&feed=rss2

Ganti searchterm dengan nama pencarian yang hendak dicari

Berikut contoh RSS Feed yang saya ikuti berdasarkan kategori

feed-sidebar

Selain contoh diatas, RSS juga dapat berdasarkan author dan tipe yang lainnya juga. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Sumber : http://codex.wordpress.org/WordPress_Feeds