Tips Archiving pada Zimbra OSE Berdasarkan Pengirim (Auto BCC by Sender)

Posted by

Archiving menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia per-emailan. Email archive ini dibutuhkan biasanya untuk kebutuhan audit ataupun yang lainnya. Pada Zimbra sendiri terdapat fasilitas archiving. Namun feature archiving ini hanya ada pada Zimbra berbayar (Network Edition) dan hanya pada versi professional edition.

Sebenarnya, pada semua versi Zimbra dapat melakukan archiving mulai dari email masuk, email keluar bahkan draft. Namun pengguna/user harus menggunakan webmail secara langsung agar email dapat diarchive. Informasi perihal archiving tersebut, dapat dibaca melalui artikel pada link berikut : Membuat Arsip pada Email Masuk, Keluar bahkan Draft pada Zimbra.

Lalu bagaimana dengan pengguna email klien? apakah bisa melakukan archive apabila tidak menggunakan Zimbra NE Professional Edition?

Jawabannya adalah bisa. Yaitu dengan memanfaatkan fasilitas auto bcc pada engine Postfix.

zimbra-collaboration-roadmap

Tips perihal auto bcc yang akan dijelaskan pada artikel disini adalah berdasarkan pengirim. Misalnya setiap pengiriman dari alamat email user1@imanudin.net, akan otomatis bcc pada account user1@imanudin.archive. Adapun proses-nya adalah sebagai berikut :

# Buat domain archive pada Zimbra. Misalnya imanudin.archive. Proses pembuatan domain archive bisa dilakukan via Zimbra Admin | Configure | Domains atau via Command Line dengan perintah berikut :

su - zimbra
zmprov cd imanudin.archive

# Buat account untuk keperluan archive. Misalnya account user1@imanudin.net memiliki account archive user1@imanudin.archive. Pembuatan account ini bisa dilakukan via Zimbra Admin | Manage atau via Command Line dengan perintah berikut :

su - zimbra
zmprov ca user1@imanudin.archive passwordarchiveuser1

# Buat rule pada Zimbra untuk melakukan archive setiap pengiriman email dari user yang hendak diarchive

vi /opt/zimbra/postfix/conf/main.cf

Tambahkan baris berikut pada baris paling bawah

sender_bcc_maps = lmdb:/opt/zimbra/postfix/conf/sender_bcc

# Buat file /opt/zimbra/postfix/conf/sender_bcc dan isi dengan user yang hendak diarchive

vi /opt/zimbra/postfix/conf/sender_bcc

Isi dengan contoh berikut

user1@imanudin.net      user1@imanudin.archive

# Postmap file /opt/zimbra/postfix/conf/sender_bcc yang telah dibuat

postmap /opt/zimbra/postfix/conf/sender_bcc

# Reload service Postfix Zimbra

postfix reload

Silakan coba kirim email melalui user yang telah dikonfigurasi auto bcc baik via webmail, email klien ataupun gadget. Silakan cek juga pada user archive apakah pengiriman dari account tersebut otomatis disalin juga pada user archive.

Note :

– Panduan diatas diuji coba pada Zimbra versi 8.5.x. Jika menggunakan versi sebelumnya dan panduan diatas tidak berjalan, silakan coba ubah tulisan lmdb menjadi hash.

– Setiap melakukan penambahan user archive pada file /opt/zimbra/postfix/conf/sender_bcc, jangan lupa untuk melakukan postmap dan reload Postfix Zimbra

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Source : http://wiki.zimbra.com/wiki/Email_redirection

Iklan :

Cara diatas memang dapat diimplementasikan. Jika ingin yang lebih mudah dalam memanage-nya, pertimbangkan untuk menggunakan Zimbra Network Edition yang tentunya memiliki feature lebih banyak. Silakan hubungi Team Sales Excellent pada form kontak berikut : http://www.excellent.co.id/kontak/

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.