Seperti yang kita ketahui bahwa feature Instant Messaging (IM) pada Zimbra 8 akan dibuang sesuai dengan release notes pada Zimbra 7 seperti berikut :

Zimbra Instant Messaging (IM) capabilities are going to be removed in the next major release of ZCS. These capabilities include the embedded IM server and the Zimbra IM Client (part of the Zimbra Web Client). Zimbra IM is marked BETA and should not be enabled in a production environment and is not a supported feature.

Dan adapun release note yang ada pada Zimbra 8 menyatakan bahwa “Zimbra Instant Messaging (IM) capabilities is removed”. Bagi sebagian orang, feature chat pada Zimbra ini sering digunakan untuk berkomunikasi secara cepat selain berkirim email. Meskipun feature IM ini sudah dibuang pada Zimbra 8, namun tidak perlu khawatir karena Zextras mengeluarkan modul ZxChat berupa zimlet yang dapat dideploy pada Zimbra 8 dan dapat berinstant messaging ria.

Berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan :

Download Zextras Suite terlebih dahulu kemudian install

cd /srv/
wget -c http://www.zextras.com/download/zextras_suite-latest.tgz
tar -zxvf zextras*.tgz
cd zextras_suite-x.x.x
sh install.sh all

Sesuaikan xxx dengan versi Zextras Suite yang digunakan. Pilih Y (Yes) setiap ada pertanyaan dan tunggu hingga selesai install

zsuite-success

Jika Zextras Suite telah terinstall, lanjutkan langkah berikutnya dengan deploy ZxChat melalui Zimbra Admin atau Console/Terminal. Zimlet ZxChat dapat didownload pada link berikut : https://download.zextras.com/com_zextras_chat.zip. Jangan lupa untuk extract terlebih dahulu dan menjadi file zip. Masuk ke Zimbra Admin | Configure | Zimlets dan deploy

zxchat-deploy

Coba masuk menggunakan webmail dan check pada sebelah kiri bawah, seharusnya ada ZxChat yang siap digunakan untuk chat

zxchat

Jika tampilan ZxChat belum ada, periksa terlebih dahulu apakah zimlet ZxChat pada COS yang digunakan oleh user/user tersebut  di enable atau tidak.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀