Sebelumnya, artikel tentang instalasi dan konfigurasi PolicyD sudah dijelaskan pada link berikut : http://www.excellent.co.id/product-services/zimbra/tips-zimbra-instalasi-policyd-rate-limit-sending-message-pada-zimbra-versi-8/ dan penggunaannya salah satunya pada link berikut : http://www.excellent.co.id/product-services/zimbra/tips-zimbra-membatasi-pengiriman-emailrate-limit-sending-message-dengan-policyd/. Artikel tersebut saya share pada Milis Alumni Excellent Infotama Kreasindo. Respon dari member alumni lumayan banyak yang menggunakan dan mencoba-nya. Namun, dari hasil percobaan oleh member milis tersebut ada problem pada user yang menggunakan email klien, misalnya Thunderbird, Microsoft Outlook dan email klien lainnya.

Jika menggunakan webmail, maka email yang terkirim terecord oleh PolicyD, namun jika menggunakan email klien seolah-olah tidak ada koneksi pada service PolicyD, padahal banyak user yang menggunakan email klien. Saya sendiri jarang menggunakan email klien dan lebih sering menggunakan Webmail. Ternyata by default PolicyD tidak bekerja jika menggunakan port 465 atau 587 sebagai port smtp outgoing. Untuk mengaktifkan agar port 465/587 terkena PolicyD juga, berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan :

Masuk sebagai user Zimbra dan edit file smtpd_sender_restrictions.cf

su - zimbra
vi /opt/zimbra/conf/zmconfigd/smtpd_sender_restrictions.cf

Tambahkan tulisan berikut pada baris paling atas

%%contains VAR:zimbraServiceEnabled cbpolicyd^ check_policy_service inet:localhost:@@cbpolicyd_bind_port@@%%

Simpan kemudian restart service Zimbra

zmcontrol restart

Silakan coba kirim email menggunakan email klien dan check log PolicyD pada file /opt/zimbra/log/cbpolicyd.log

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Source : http://www.zimbra.com/forums/administrators/63874-cbpolicy-quota-module-working-via-zimbra-web-client-not-working-smtp-emails-2.html